BERITA

Back to Top

Webinar “Desain Kemasan, Paspor Utama Produk Indonesia Menuju Ekspor”

19 November 2025

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), BPSDMP Kementerian Perdagangan menyelenggarakan Webinar dengan tema “Desain Kemasan, Paspor Utama Produk Indonesia Menuju Ekspor” yang berlangsung secara daring di Jakarta, Rabu (19 Nov). Acara tersebut dibuka Kepala PPEJP, Sugih Rahmansyah.

Kepala PPEJP dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha Indonesia di pasar global, khususnya melalui penguatan kualitas desain kemasan dan strategi branding yang berorientasi ekspor.

Visual kemasan terbukti dapat memengaruhi persepsi konsumen terhadap kualitas dan nilai sebuah produk, sehingga dapat meningkatkan daya saing dibandingkan produk dari negara lain. Kemasan yang dirancang dengan baik juga membuka peluang bagi pelaku usaha untuk masuk ke segmen pasar premium melalui citra produk yang lebih eksklusif dan bernilai tinggi.

Acara tersebut dipandu Nevy Kusuma dari PPEJP dan dimoderatori Baginda Wisnu Wardhana serta narasumber Arfi Rizkavirwan dari Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia dan Achmad Jawahir dari PT Java Harvest Foods.

Darfi Rizkavirwan menjelaskan bagaimana kemasan harus disesuaikan dengan regulasi dan selera pasar tujuan. Darfi juga mengangkat pentingnya narasi merek yang kuat, di mana kemasan menjadi storyteller visual yang menyampaikan unique selling point produk bahkan sebelum konsumen membaca deskripsi di belakang kemasan.

Achmad Jawahir membahas bagaimana memposisikan produknya sebagai produk sehat, inovatif, dan premium serta bagaimana perubahan identitas visual dan kemasan berhasil mempercepat pemasaran produk, bahkan berdampak langsung pada perluasan pasar ekspor.