BERITA

Back to Top

PPEJP Menyelenggarakan Pelatihan Digital Marketing

13 Oktober 2025

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), BPSDMP Kemeterian Perdagangan menyelenggarakan Pelatihan Jasa Perdagangan dengan tema “Digital Marketing” yang berlangsung di Kantor PPEJP, Jakarta, Senin (13 Okt). 

Kepala PPEJP, Sugih Rahmansyah hadir dan menjelaskan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia terus meningkat, dan tahun 2024 diperkirakan mencapai 65,65 juta dengan transaksi ekonomi digital Indonesia mencapai USD 90 miliar. Pada Harbolnas 2024, transaksi mencapai Rp16,1 triliun atau naik 31% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  

Lebih lanjut Kepala PPEJP menjelaskan, Kemendag akan terus mendukung pengembangan UMKM dan menciptakan ekosistem digital yang aman dan sehat bagi pertumbuhan pelaku usaha, khususnya UMKM. 

Acara tersebut berlangsung 13—15 Oktober 2025 dan dihadiri 30 (tiga puluh) mahasiswa/i dari Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Indonesia Esa Unggul, Universitas Trisakti, dan Univeritas Dian Nusantara. 

Saat ini, melihat animo generasi Z dan generasi Alfa dalam menggunakan teknologi diharapkan dapat mendorong sistem pemasaran yang berkembang. Para mahasiswa adalah agen perubahan, duta digital, dan pendamping yang sangat krusial bagi UMKM. Tidak cukup hanya memproduksi barang berkualitas, UMKM juga harus "melek digital" agar produknya mampu menembus batas geografis, bahkan hingga ke pasar global.

Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa/i memiliki peran dan kemampuan untuk menjadi tenaga pendamping pelaku UMKM yang akan mengembangkan usahanya melalui e-commerce/digital marketing serta juga dapat sebagai profesi jasa digital marketer.