Business Matching ECP Jawa Tengah dan Pelatihan Strategi Penetrasi Pasar Ekspor ke Timur Tengah

Dalam upaya mempertemukan peserta Export Coaching Program wilayah Jawa Tengah dengan potensial Buyer, Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Sekretariat Jenderal Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Business Matching tanggal 21-22 September 2022 di Semarang. Business Matching ini dilakukan dengan potensial buyer maupun Diaspora yang difasilitasi perwakilan perdagangan di Los Angeles, Sydney, Osaka, Chennai, Taiwan, Dubai dan Jeddah.

Dalam sambutannya secara virtual di kegiatan Business Matching, Kepala Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Sugih Rahmansyah berharap pelaku usaha peserta ECP Jawa Tengah dapat memanfaatkan kesempatan business matching ini untuk mendapatkan potensial transaksi dengan calon buyer. Melalui program pendampingan ekspor ini diharapkan akan semakin banyak UKM dari Jawa Tengah yang berhasil melakukan ekspor dan dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia. Turut hadir dan memberikan sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah M. Arif Sambodo.

Sementara itu tanggal 21-23 September di Surakarta diselenggarakan pelatihan Strategi Penetrasi Pasar Ekspor ke Timur Tengah kerja sama antara PPEJP dengan Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementerian Perindustrian yang diikuti 30 pelaku usaha di sektor furniture, home décor dan minyak atsiri. Pelatihan ini dibuka oleh Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Merrijantij Punguan Pintaria didampingi perwakilan dari PPEJP. Diharapkan melalui pelatihan ini semakin banyak furniture dan home décor Indonesia yang mampu di ekspor ke Timur Tengah.